menu melayang

Keunikan Dua Kubah Masjid Agung Prancis

Grande Mosque de Paris, begitu penduduk setempat menyatakan sebagai Masjid Agung Paris ini, mempunyai dua kubah masjid berbentuk yg berlainan. Kubah pertama warnanya putih berbentuk seperti rata-rata kubah biasanya  bulat.

Posisinya berada diatas samping bangunan masjid. Sementara, kubah masjid ke-2 berbentuk kerucut, tingginya kurang lebih lima meter yg diperindah dgn balutan warna hijau. Letaknya cocok di tengah bangunan tempat ibadah.

Bidang lain yg bakal menciptakan kita lumayan terkesima pada masjid yg ide pembangunannya mengikuti gaya mudejar (gaya arsitektur khas Muslim Spanyol Abad Pertengahan) yakni menaranya. Menara ini mempunyai struktur teratas di antara unsur bangunan lain.

Kubah Masjid Agung Prancis 


Menara yg terinspirasi dari Tempat Ibadah al- Zitouna di Tunisia ini tingginya seputar 33 meter. Ada sekian banyak ukiran di badannya yg menciptakan menara berbentuk sisi empat ini nampak teramat artistik. Corak warna basic & lapisan keramik hijau toska ini jadi menarik keindahan menara tersebut. pada keramik-keramik tertata di dinding yg berwarna abu-abu.

Di dalam bangunan menara terdapat suatu tangga yg menuju sektor puncak menara. Di ruangan itulah kita dapat menyaksikan keindahan bangunan yg ada di sekitarnya.

Dinding tempat masjid ini keseluruhannya mengguna kan warna putih bersih, cuma kubah masjid & menara yg catnya tidak serupa, ia pilih warna hijau-biru & warna gading. Walaupun kontras, konsisten jadi satu buah paduan warna yg selaras.

Kubah Masjid Agung Prancis

Interior menuju ke dalam masjid, kita harus melintasi pintu gerbang utama. seterusnya, kita dapat melihat dominasi arsitektur moor, sebutan lain utk Muslim Spanyol Abad Pertengahan, di tiap-tiap hiasan yg ada di dalam masjid. Mengisi lokasi yg kerap dgn unsur-unsur kesenian mutakhir & klasik ini tertata apik di dalam masjid. Sejak Mulai yg nampak terang hingga yg tersembunyi, semuanya memancarkan keindahan.

Bidang dalam masjid ini terinspirasi dari masjid Al-Qaraouiyyin yg terletak di Kota F?s, Maroko. Semua sektor dekorasi dibuat oleh pengrajin dari Afrika Utara dgn memakai bahan-bahan tradisional dari negeri yg sama. Contohnya, pahatan kayu, batu mosaik, bahkan di ruangan kamar mandi di lengkapi  batu marbel dari Turki.

&, yg paling mengesankan dikala ada di ruang masjid yakni selasarnya yg lantainya memakai keramik warna hijau corak bergelombang. Bila diliat dari kejauhan, lantai ini seperti air yg bergoyang-goyang di danau lepas.

Pilar-pilar yg berdiri berkelompok yg tertanam di area mutlak tempat ibadah pula tak lepas dari perhatian mata. Walaupun berkelompok antara pilar satu & pilar yang lain saling meneruskan, cuma dibatasi ceruk setengah lingkaran profil-profil menonjol di sektor ujung tiang sbg penguat penyangga

Kubah Surya General Kontraktor Kubah Masjid Indonesia 08123-343-1400

Blog Post

Related Post

Back to Top